Sabtu, 08 Oktober 2011

MENGENALI GIGI KITA

Sampai saat ini masih banyak dijumpai orang yang belum paham apa sebenarnya gigi itu. Untuk lebih mengenali gigi kita, akan kita coba mempelajari tahap demi tahap, yaitu: Struktur gigi, Bentuk gigi, jaringan gigi dan jaringan pendukung gigi.

STRUKTUR GIGI (lihat gambar bawah)
Andaikata gigi yang utuh dicabut, maka gigi dapat dibedakan menjadi  3 bagian, yaitu:
  1. Mahkota gigi  yaitu bagian gigi yang nampak di rongga mulut, saat tertawa ataupun saat membuka mulut. Bentuknya berbeda-beda antara gigi seri, taring dan geraham.
  2. Akar gigi yaitu bagian gigi yang tertanam di dalam tulang rahang. Akar gigi akan dapat kita lihat saat gigi tersebut dicabut. Jumlah akar gigi antara gigi yang satu dengan yang lain tidak sama. Gigi seri mempunyai satu akar, gigi taring mempunyai satu akar yang panjang dan kokoh, sedang gigi geraham mempunyai akar yang bervariasi, ada yang satu, dua dan ada juga yang tiga. 
  3. Leher gigi yaitu batas antara mahkota gigi dengan akar gigi.

BENTUK GIGI (lihat gambar dibawah)
Kalau bicara bentuk gigi, maka perhatian kita tertuju pada bentuk mahkota gigi. Hal ini sudah menjadi pemahaman umum, andaikata ditanyakan tentang bentuk gigi, maka yang dimaksud adalah bentuk mahkota gigi. Mahkota gigi yang terlihat di dalam mulut, mempunyai bentuk yang berbeda-beda.
Gigi seri: Terletak di belakang bibir mempunyai pinggiran lebar dan tajam. Bentuknya seperti pahat atau kapak, berfungsi sebagai pemotong makanan.
Gigi taring: Berbentuk seperti kerucut, dengan puncak lancip dan kokoh (bentuk seperti mata tombak) berfungsi untuk mencabik atau merobek makanan.
Gigi geraham: berbentuk silindris dengan permukaan lebar seperti batu giling, berlekuk dan bertonjol mempunyai fungsi menghaluskan makanan.
Akar gigi merupakan bagian yang tak nampak di mulut sekalipun kita membuka mulut, karena bagian gigi ini tertanam dalam rahang. Masing-masing gigi mempunyai jumlah akar yang berbeda-beda.
Gigi seri mempunyai satu akar, gigi taring mempunyai satu akar yang panjang dan kokoh. Gigi geraham mempunyai jumlah akar yang bervariasi, ada yang berakar satu, dua dan ada yang berakar tiga.



JARINGAN GIGI (lihat gambar bawah)
Jaringan gigi terdiri dari jaringan keras dan jaringan lunak. Email dan dentin serta sementum merupakan jaringan keras gigi, sementara pulpa merupakan jaringan gigi yang lunak.
  1. Email adalah lapisan keras gigi yang menutupi mahkota gigi, merupakan jaringan terkeras tubuh.
  2. Dentin adalah jaringan keras, berwarna kekuningan yang membentuk bangunan gigi. Kekerasan dentin lebih rendah dibanding dengan email.
  3. Pulpa adalah jaringan lunak yang berada dalam rongga gigi, terdiri atas pembuluh darah dan serabut syaraf gigi.


JARINGAN PENYANGGA GIGI (lihat gambar di atas)
Selain itu terdapat jaringan penyangga gigi atau jaringan pendukung gigi yang meliputi:
a.       Gusi
Gusi dibedakan menjadi 3 macam, yaitu gusi bebas, gusi cekat dan gusi interdental.
·         Gusi bebas disebut juga gusi tepi yaitu bagian gusi yang bebas atau tidak melekat pada gigi, menutupi permukaan mahkota gigi yang berbatasan dengan leher gigi. Terdapat pada bagian koronal dari gusi tersebut.
·         Gusi cekat / gusi yang lekat adalah bagian dari gusi yang menutupi tulangalveolar, letaknya lebih apikal dari gusi tepi/gusi bebas
·         Gusi interdental atau disebut papilla interdental atau papilla gusi adalah gusi yang mengisi ruang antara dua gigi.
Tanda-tanda gusi yang sehat adalah berwarna merah muda, melekat baik pada pada gigi dan tulang alveolar, tidak mudah berdarah, tidak ada rasa sakit dan tidak bengkak.
b.     Selaput periodontal/serabut periodontal adalah jaringan lunak yang mengelilingi akar gigi dan melekat erat pada lapisan sementum gigi dan tulang alveolar.
c.      Tulang alveolar adalah bagian dari tulang rahang yang memegang gigi.
d.   Sementum adalah jaringan kalsifikasi yang melingkupi seluruh akar gigi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar sebagai masukan blog ini. Terima kasih!